Meningkatkan Nilai Tukar Rupiah

ilustrasi-nilai-tukar-rupiah-140619-andri

Beberapa cara agar nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing meningkat.

Memakai Produk Dalam Negeri
Dengan tujuan menekan harta dan devisa negara yang tersedot ke luar negri. Dengan meningkatkan pemakaian produk dalam negeri maka modal akan berputar di dalam negeri sehingga likuiditas tetap terjaga. Tentunya ada satu syarat yaitu value produk nasional harus ditingkatkan.

Buy Back Saham Perusahaan Yang dikuasai asing
Dengan adanya trend go public, perusahaan besar di Indonesia termasuk BUMN sahamnya telah banyak dimiliki oleh pihak asing. Diantaranya adalah: Telkom, XL, dan Indosat. Tentunya dengan adanya kepemilikan asing, maka deviden juga lari ke pihak asing. Ini berarti dana segar yang berasal masyarakat Indonesia tertarik ke luar sehingga mengakibatkan turunnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

Berantas Korupsi
Dengan adanya gerakan pemberantasan korupsi yang telah dilakukan oleh KPK, dana pembangunan pemerintah diharapkan akan jatuh pada tempat yang semestinya sehingga setiap tahun pembangunan dapat dilaksanakan dengan pengawasan yang optimal. Dengan begini seluruh sektor perekonomian akan berkembang.

TKI Pahlawan Devisa
TKI merupakan tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri dan mengirimkan uang hasil kerjanya ke Indonesia. Pemerintah sebaiknya memperhatikan benar satu point yang dapat meningkatkan nilai tukar rupiah ini dengan cara menyaring kualitas TKI agar Tenaga Kerja asal Indonesia ini dapat bekerja dengan kualitas yang tinggi di negara lain sehingga negara lain menerima TKI lebih banyak dari Indonesia.

Iklan di media
Iklan di media ini sebetulnya lebih terkait dengan kampanye gerakan cinta produk dalam negerim. Sama dengan poin pertama dengan memakai produk dalam negeri maka modal berputar lebih banyak di Indonesia saja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
Instagram